Selasa, 07 Januari 2014

PERBEDAAN SAMSUNG GALAXY S4 (ASLI & REPLIKA)

              INI PENGALAMAN GUE !!! SO, DON'T JUDGE AND TRUST IT !! IT'S REAL!!

pada tanggal 20 november 2013, ada salah satu temen gue yang nawarin gue utk beli s4 seharga 2jt-an, dan gue merasa blm yakin dan didukung juga sm mamah & papah utk gak beli barang itu. tapi temen gue trs nawarin dan gue bilang "lihat dulu barangnya ya!" nah, di tanggal 23 nya dia bawa barangnya dan do you know? barangnya ASLI 100% !! padahal fake banget dari dlm, gue sempet curiga sih, karna pas dia kasih barang nya itu tanpa segel, alasannya di check dulu di sono nya, takut ada yang kurang/hilang, trs dia nagihin uangnya, dan karena gue merasa yakin kalo itu asli (knp gue yakin? karena dia bilang alasannya gak kena uang beacukai, so, karna gue gak ngeri ttg gitu2an, ya gue percaya aja.) ya gue beli aja, karna gue gak enak juga sm dia (dan katanya barang itu dari padang, jelas jauh dong?), trs dia juga kasih pesen, katanya "hp itu bisa kok di bawa ke samsung service", ya gue makin2 percaya aja.. nah, tepat tgl 25, gue udah lunas beli tuh s4. di rumah, gue cek-cek barang itu dari luar&dlm. pas di coba lagu2 nya, emg bagus, tapi pas pake headset, suaranya gak nge-bass dan yang kedengeran cuma sebelah kiri doang, dan udah di check pake headset lain pun (headset samsung asli) ttp cuma sebelah kanan doang yang kedengeran. disitu gue mulai curiga, dan lapor sm tmn gue (karna masa garansi cm 1 minggu), dan gue iseng-iseng buka pengaturan dan mencari sumber2 palsu s4 lewat internet, ok, semua sama! tapi, gak sengaja, gue pencet FORMAT, and the result? Hp itu mati, dan pas nyala, bukan berlogo samsung, malah MEDIATEK FROM CHINA (Am I shock? yes, definitely! gimana sih rasanya shock dan kecewa?).


pas tgl 26 nya dia ambil tuh hp s4 nya dan pas di check pake headset (murahan) KATANYA sih kedengeran (dia check di rumahnya), disitu gue gak begitu percaya karna gue blm dpt bukti. malem hari nya, pas lg jalan, gue tenteng tuh hp, dan ada lah lg kecelakaan, hp itu KEBARET!! di bagian layar yang goresannya itu panjang banget, dan bahkan hampir menutupi layar LCD nya. gue pun check ke samsung service, dan katanya "kalo samsung s4 asli itu, gak akan lecet kalo jatoh/kebaret, karna dia pake gorilla glass 3 terbaru, dan kuat banget. (see at KLIK ME). dia bilang juga "kalo yang asli tuh ada kyk prangko nya gitu, yang asli dari samsung, kalo non samsung, gak akan ada." nih gambaran prangko asli samsungnya :




see? yang gue beli itu gak ada prangko nya yang tepat di sebelah kiri. akhirnya gue merasa nyesel dan percuma toh, hp pecah buat apa? (tp lcd & dlm nya masih mulus dan msh bisa nyala) cm buat sampah di rumah! akhirnya gue minta balikin uangnya dan gue juga akan balikin hp sampah itu. tp dia bilang "bisa sih, ntar gue tanyain dulu deh sm org sono nya". tpt tgl 28 november (tau gak? itu hari ULTAH GUE!! hari lahir hidup gue! tp knp gue harus kena masalah kyk begini sih?! dan bukan cm itu, gue jg merasa menyesal yang amat dalam). akhirnya ada jawaban dari dia "bisa nya cm 1jt doang. kalo mau ambil yaudah, tp kalo gak ya no problem!" 
JELAS KAGET BANGET GUE!! masa hp yang cm LCD TIPIS (luar) nya aja 1jt harganya?!! apalagi barang itu kan masih garansi. apa salahnya coba di balikin dgn full uang?? dia pun gak punya alasan kuat utk itu. tapi gue masih bisa mikir utk ngembaliin hp itu kan butuh ongkos. tapi ya itu problem dia! toh, ini kan resikonya menjual hp palsu!! 
tanpa pilihan, gue pun terima uang itu (yang pasti gue gak ikhlas 1% pun!) dan gue ambil kesimpulan dan menulis semua masalah gue disini mengenai S4 FAKE itu!!

1. Perbedaan secara fisik
Secara desain replika Samsung Galaxy S4 sangat mirip dengan aslinya. Namun dengan memperhatikan beberapa detail sobat akan dapat mengenali apakah S4 tersebut asli atau tidak. Ukuran S4 replika akan terlihat sama persis dengan S4 yang asli. Akan tetapi kita tahu bahwa S4 memiliki layar berukuran 5 inch dan Disetiap sisi layar kita akan melihat garis bingkai yang tipis.Pada S4 replika garis bingkai di tepi layar ini akan terlihat berukuran lebih besar dari yang seharusnya. Hal ini menunjukan bahwa layar S4 replika berukuran lebih kecil yang seharusnya.




kalo yang gue alami, persis banget!! jangan tanya lagi, 100% ASLI, but IT'S FAKE!


boleh percaya atau gak, hp s4 yang waktu itu gue pegang bnr2 kyk gambar di sebelah kanan, bagian camera depannya agak kecil, sedangkan replika nya agak besar.

Jika dirasakan tulisan logo "Samsung" didepan dan belakang yang ASLI terasa lembut dan tidak timbul, sedangkan yang PALSU terasa kasar dan timbul.


Jika dipegang pada keselurukan bodinya Samsung ASLI akan lebih lembut, sedangakn pada Samsung PALSU lebih kasar.




Saat cover belakang dibuka, pastikan daerah didekat bagian kamera, Samsung ASLI mengerjakannya secara halus dan tidak kasar seperti pada Samsung PALSU.
Pada speaker bagian bawah Samsung ASLI menggunakan lempengan besi stainless steel dan bening, sedangkan pada Samsung PALSU mengunakan bahan yang lebih jelek dan nampak lebih tipis.


Detail kedua yang perlu diperhatikan adalah jarak antara tombol home dengan sisi bawah layar. S4 replika memiliki jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan jarak tombole home ke layar pada Samsung Galaxy S4 yang asli. Pada beberapa kasus ada yang tampak jelas dan pada beberapa kasus lainnya selisih jarak tersebut bisa sangat tipis, mungkin hanya dalam hitungan beberapa milimeter. Sebaiknya sobat teliti memeriksa detail ini.

Detail yang ketiga adalah pada tulisan "SAMSUNG" di cover belakang. Pada Samsung Galaxy S4 yang asli, jika kita coba meraba tulisan ini maka tidak akan terasa perbedaan dengan bagian cover yang tidak terdapat tulisan. Namun pada S4 yang replika/ tiruan, jika kita raba akan terasa perbedaannya menjadi agak kasar/ timbul pada tulisan "SAMSUNG".

Perbedaan Samsung Galaxy S4 asli dan replika secara fisik akan sulit bagi orang-orang yang awam dan belum pernah memegang S4 sebelumnya. Namun jika Samsung Galaxy S4 asli dan replika disandingkan maka kita akan dengan mudah mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu. Selain tiga hal di atas sobat akan menemukan perbedaan detail lainnya seperti pada warna flash, kamera, atau bisa juga pada material bod yang digunakan.

simple kan utk membedakan s4 asli / palsu??!!

2. Perbedaan dari perangkat lunak (software)
Perangkat lunak atau software merupakan bagian yang sangat sulit untuk direplikasi. Samsung Galaxy S4 asli menggunakan OS Android Jelly Bean versi 4.2.2 sebagai OS bawaan dan User Interface (UI) khas Samsung Galaxy, TouchWiz. Dua hal ini adalah yang perlu sobat cek pertama kali. Tapi hati-hati! karena kadang keterangan mengenai OS dan bentuk UI masih dapat dipalsukan. Pertama-tama lihat terlebih dahulu UI yang dipakai apakah benar-benar TouchWiz atau bukan kemudian cek OS yang dipakai pada menu Setting > About Phone.

Kemudian coba cek beberapa fitur/ fungsi yang terdapat pada S4 tersebut. Biasanya pada S4 palsu akan ada beberapa fitur/ fungsi yang tidak berjalan dengan sebagai mana mestinya. Coba sobat dial *#0*# maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut yang menunjukan beberapa fungsi/ fitur:

Kemudian, salah satu perbedaan yang sangat mencolok adalah dengan menggunakan Samsung KIES. KIES merupakan program untuk mengsinkronisasi antara perangkat mobile Samsung dengan PC. Samsung Galaxy S4 yang asli tentu saja akan terbaca dan terdeteksi oleh program Samsung Kies di PC ketika dihubungkan. Namun pada S4 yang palsu/ replika tidak akan terbaca oleh program Samsung Kies di PC.

3. Harga
Satu hal yang sangat mudah untuk mengidentifikasi barang palsu atau asli adalah dari segi harga. Kebanyakan, Galaxy S4 yang dijual baik yang telah bundle dengan program operator jaringan atau juga yang dibeli tanpa bundle dijual dengan harga yang relatif mahal.Galaxy S4 palsu atau produk kloningan dari China lainnya kebanyakan dijual dengan harga yang relatif miring dari harga aslinya. Hal tersebut bertujuan agar banyak orang yang membeli perangkat mobile tersebut dan terlihat mampu mempunyai produk kelas atas atau baru dengan harga murah walaupun pada aslinya produk tersebut adalah palsu.So, berhati-hatilah dalam membeli perangkat mobile. Disarankan untuk membelinya dari partner resmi vendor yang bersangkutan atau juga mengikuti bundling dari operator karena keaslian lebih terpercaya.

4. Tampilan Software
Uji apakah benar smartphone tersebut dari vendor Samsung. Mengetikkan kode *#0*# di call menu akan mengeluarkan menu sebagaimana tampak di gambar berikut.

Kalo gue sih NO! NO! NO! banget!! karna hp s4 punya gw itu jg bisa kayak gitu, dan gak ada kendala, dan berati ini bukan cara efektif untuk membuktikan asli atau tidak, karna yang palsu pun juga bisa.

tapi, Bukti lain keaslian yang susah disangkal tentu saja adalah Samsung Kies. Jika perangkat kamu terbaca di Samsung Kies sebagai Samsung Galaxy S4, tentu saja itu perangkat asli. Supercopy tidak dapat melakukan hal tersebut.


Cara lainnya adalah menginstall CPU-Z app ke perangkat tersebut. Supercopy akan menunjukkan nilai sesungguhnya. Antara lain resolusi layar di bawah 1080 x 1920 dan kerapatan piksel di bawah 480 ppi. RAM, Internal Storage juga tidak sebesar Samsung Galaxy S4 asli, namun memang cukup besar.



nah, belum selesai sampai sini, gue juga menemukan fakta baru, kalau S4 PALSU ITU MENGGUNAKAN SOFTWARE MEDIATEK, gue ingetin lagi, biar gak nyesel nantinya kalo mau beli hp, WAJIB DI FORMAT / RESET agar terlihat apa software yang dipakai. dan gue rasa itu adalah cara yang EFEKTIF dan TERBAIK, bisa dibuktikan?

Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dan Replika Lain yang Perlu Diperhatikan
1. Box/ Packaging
Baik Samsung Galaxy S4 Asli dan replika super copy menggunakan box yang sama. Bagian yang perlu dicermati adalah pada plastik pembungkus box. Produk Samsung asli akan menggunakan plastik pembungkus berlogo Samsung. Namun pada S4 yang palsu pastik pembungkusnya tidak berlogo Samsung. (POKOK NYA JANGAN MENERIMA BARANG APAPUN TANPA SEGEL ASLI!!)


gue sih gak terlalu percaya sama gambar sebelah kanan ini, karena gambar arus (seperti kayu, yg dibawah logo samsung) agak menipis gambarnya, entah karena pantulan cahaya atau memang seperti itu. sedangkan yang sebelah kiri lebih tebal dan jelas terlihat, dan warna nya pun lebih coklat dibandingkan yg sebelah kanan. tak bisa di buktikan dong, hanya dengan segel barang itu asli? apa sih yang gak bisa dibuat saat ini? dijaman canggih ini? dan yang membedakan juga jarak logo samsung yang lebih sedikit (kanan) dibandingkan disebelah kiri yang lebih sedikit jarak logo-logo nya. sedikit tambahan dari gue, gue juga check2 s4 palsu itu ke kardusnya (tampilannya) dan membedakan yg ada di internet, dan gambarnya kayak gini: 


coba bedakan sama yang palsu tapi mirip asli!! dapat membedakan??


yupz!


seperti yang tadi gue bilang! "karena gambar arus (seperti kayu, yg dibawah logo samsung) sebelah kiri agak menipis gambarnya. sedangkan yang sebelah kanan lebih tebal dan jelas terlihat, dan warna nya pun lebih coklat dibandingkan yg sebelah kiri. TAPI INGAT!! BAGIAN KANAN ITU PALSU!! tak bisa di buktikan dong, hanya dengan segel barang itu asli? apa sih yang gak bisa dibuat saat ini? dijaman canggih ini?"

2. Cek Detail Hardware
Untuk dapat mengetahui detail hardware, pertama kali sobat perlu mengistal aplikasi seperti Antutu Bechmark atau CPU-Z.


Aplikasi tersebut akan menunjukan keterangan detail mengenai 'jeroan' S4 sobat. Kemudian bandingkan dengan detail hardware S4 yang asli. S4 palsu/ replika akan menunjukan nilai yang berbeda dari yang seharusnya. Biasanya kualitas hardware akan sangat jauh berada di bawah S4 yang asli.

s4 palsu ini juga ada versi yang namanya SUPERKING! gue gak tahu jelas ttg superking ini, tapi yang pasti superking ini sama yang kyk gue beli (atau lebih tepatnya gue emg beli yg superking nya, tp gue gak tau apa perbedaan superking sm yg palsu biasa) dan 99% mirip sama aslinya, dan kemungkinan harganya lebih mahal dari samsung s4 palsu yang biasa.
UNTUK LEBIH JELASNYA, GUE NEMU VIDEO YANG WAJIB DI TONTON!
KLIK ME!

COPY AND WATCH IT! 

dan sekian curhat dari gue, thanks untuk yang udah baca sampe abis, dan semoga gak ada lagi yang ketipu sama hp kloning. HATI-HATI dan beli lah barang di tempat terpercaya anda. JANGAN tergiur dengan harga dan tampilan, bisa-bisa anda menyesal nantinya. THIS IS MY EXPERIENCE!!

3 komentar:

  1. jaman sekarang memang perlu kehati-hatian yang tinggi min, semakin pintar para produsen menipu demi tercapainya laba yang banyak, oleh karena itu kita harus menjadi konsumen y ang cerdas pula jangan sampai masuk kedalam perangkap para produsen penipu.
    makasih sudah sharing bagaimana caranya membedakan fake dan ori dari samsung
    https://cody.id/

    BalasHapus
  2. Di hp samsung s4 saya gak ada bahasa indonesia nya gan

    BalasHapus